ASN Diskominfo Lakukan SP2020 di Bantu BPS Sumut

ASN Diskominfo Lakukan SP2020 di Bantu BPS Sumut

RADARINDO.co.id- Medan:
Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Dinas Komunikasi Informasi (Pemprovsu Diskominfo) melakukan Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Pelaksanaan SP tahap awal di lakukan ke ASN Diskominfo Pemprovsu.
Dimana para ASN Diskominfo dalam pengisian data di bantu Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut untuk mempermudah menginfut data masuk, papar Bob Setiabudi Kabid IPDS (Integrasi Pengelolaan dan Desiminasi Statistik) BPS kepada awak media di sela-sela kegiatan SP2020 di Kantor Diskominfo Sumut, Jln Adinegoro Medan (17/2/20.
Lanjut Bob, minta kepada TVRI/RRI maupun media online dan cetak supaya melakukan sosialiasi mulai tahapan SP. Untuk hari ini Senin (17/2/20) tahapan SP2020 dimulai dari ASN Diskominfo dan Disdukcapil (Dinas Kependudukan Catatan Sipil) Kota Medan.
“Melalui SP2020 yang dimulai Senin (17/2/20)dari ke dua tersebut sudah mencapai 20 persen”, ungkap dia.
Selanjutnya Bob Setiabudi menjelaskan, kiranya ASN sebagai contoh dalam melaksanaan SP ini sehingga untuk Sumut bisa mencapai target 20 persen, karena secara nasional telah mencapai 20 persen. Kalaupun lanjutnya lagi, apabila belum dapat mengirimkan data secara Online akan ada lagi pendataan akhir di bulan Juli 2020. Sementara Pelaksana (Plt) Tugas Diskominfo Sumut M Ayub menyatakan, berharap seluruh ASN Diskominfo maupun dinas lainya supaya mengisi data kependudukan, untuk hari ini hampir semua ASN sudah selesai mengirimkan data SP2020 dan bagi yang tidak masuk kerja bisa menyusul.
Menurut untuk ASN Diskominfo kita harapkan selesai mengirimkan data SP 2020. Saat melakukan SP secara Online Plt Diskomingo langsung dipandu Kabid IPDS BPS Sumut Bob Setiabudi dan Dwi Prawoto. Dikesempatan itu Dwi Prawoto menambahkan SP Online dimulai sejak hari ini Minggu 15 Februari-31 Maret 2020 melalui situs resmi sensus.bps.go.id.
“Dengan dilaksanakannya SP diharapkan bisa menjadi bahan sosialisasi bagi masyarakat menyukseskan pelaksanaan SP2020 partisipasi masyarakat, kita juga berharap dukungan dari pihak – pihak terkait serta seluruh jajaran ASN di Pemprovsu, kata dia.
Lebih jauh Dwi menjelaskan langkah awal untuk melakukan sesus secara online masyarakat tinggal membuka situs resmi Sensus Penduduk sensus.bps.go.id, namun agar lebih jelas bagaimana tata cara nantinya akan dilakukan pendampingan oleh BPS Sumut maupun daerah.
Di jelaskan Dwi, bahwa pelaksanaan SP Online merupakan Program Nasional yang harus diikuti seluruh masyarakat dalam rangka memperbaharui data kependudukan menuju Satu Data Indonesia. Setelah selesai pengisian data Dwi menyampaikan himbauannya seluruh ASN di jajaran Pemprovsu dan daerah agar menyampaikan informasi SP2020 dudah bisa dilakukan secara Oline ole masyarakat karena ini merupakan Kewajiban yang harus kita laksanakan sebagai Warga Negara RI. “SP2020 adalah jembatan menuju Satu Data Kependudukan Indonesia, yaitu sebuah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan,selain mudah diakses, data hasil Sensus Penduduk 2020 bisa dibagi pakaikan antar-instansi pusat maupun daerah, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 39 Tahun 2019 tentang, terangnya. (KRO/RD/JB.Rumapea)